Minggu, 13 November 2011

tampil apa adanya, bukan tampil ada apanya

sepertinya banyak diantara kita senang atau asik memakai nama diluar nama kita untuk menampilkan apa yang tidak kita punya untuk mendapatkan perhatian dari orang lain..
yah khususnya di social media, banyak nama-nama aneh berseliweran
contohnya saja : aqyu tsi ceue unyu, yondaime ssi super saiya, ceuwe moengil butuh kasih caiangs, dan nama-nama aneh lainnya. 
hmmm, saya ga tau apa motivasi mereka menampilkan nama-nama tersebut pada social network seperti facebook, dkk.

mungkin aja karena mereka merasa tidak PD dengan apa yang mereka miliki karena jika mereka menampilkan identitas mereka apa adanya, mereka tidak bisa mendapatkan teman. Ataukah bisa juga mereka ingin mencari perhatian orang lain dengan menampilkan nama tersebut beserta foto-foto yang menurut saya engga banget lah -.-

sebenernya kalo banyak diantara kita sadar akan pentingnya identitas di dunia maya seperti facebook, twitter, yahoo messenger, dan social networking lainnya. kita akan merasa rugi karena kita tidak menampilkan diri kita apa adanya...

padahal jika kita menampilkan identitas kita apa adanya, kita lebih bangga karena bisa dikenal orang lain dengan identitas asli kita dengan tidak menambahkan kata-kata yang ga penting atau mubadzir (bener ga si tulisannya?? :) ).

keuntungan kita menampilkan identitas asli kita antara lain :

  1. kita akan lebih mudah jika kita melamar pekerjaan.
  2. kita lebih banyak dikenal orang dengan apa yang kita miliki.
  3. dan sebagainya. (temen-temen bisa nambain point"nya).
 jadi ayolah tampil apa adanya di dunia maya, untuk menjadikan diri kita dikenal dengan tidak memikul beban dan tekanan mental pada diri kita masing-masing karena telah menggunakan identitas samaran pada dunia maya (fb, twitter, dll).

BE YOUR SELF ok :D

Selasa, 08 November 2011

beberapa tips untuk menjadi seorang pemimpin

dalam ilmu kepemimpinan, tak harus yang mempunyai badan besar, ganteng, kaya, dan ditakutin orang.
itu salah besar
dalam kepemimpinan dibutuhkan hal-hal yang melebihi itu semua jika kita ingin menjadi seorang pemimpin,
hal-hal itu antara lain :

  1. pemimpin haruslah supel.
  2. pandai bergaul.
  3. pintar (pintar disini tidak hanya terpaut dalam satu sudut pandang saja).
  4. ramah.
  5. berfikir sebelum bertindak.
  6. tidak hanya seorang konseptor, pemimpin yang baik juga harus bisa menjadi seorang yang pandai mengatur di lapangan.
  7. bisa menempatkan diri pada situasi seperti apapun.
  8. tidak memihak ke salah satu pihak.
  9. berpikiran dewasa.
  10. harus bisa mencerna suatu permasalahan dan menganalisisnya untuk mendapatkan solusi.
di atas hanyalah beberapa kriteria untuk menjadi seorang pemimpin, ini menurut sudut pandang saya.. just share n berbagi info aja..

:D :D

Fungsi cosinus

 unit Unit1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TForm1 = class(TForm)
    Ex: TEdit;
    En: TEdit;
    ehasil: TEdit;
    hasil: TButton;
    Derajat: TLabel;
    Sudut: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Label4: TLabel;
    keluar: TButton;
    Label5: TLabel;
    procedure hasilClick(Sender: TObject);
    procedure keluarClick(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.hasilClick(Sender: TObject);
var
  x,y,z,a,b,c,tanda:real      ;
  i,j,n      :integer   ;
begin
  y:=1 ;
  x:=strtofloat (Ex.Text);
  n:=strtoInt(En.Text) ;
  for i :=1 to n do
  begin
    if i mod 2=1 then tanda:=-1 else tanda:=1 ;
    a:=1 ;
    b:=1 ;
    for j := 1 to (2*i) do
      begin
        c:=pi/180*x ;
        a:=a*c ;
        b:=b*j ;
      end;
        z:=a/b ;
        y:=y+(tanda*z) ;
  end;
    ehasil.Text:=floattostr(y) ;
end;

procedure TForm1.keluarClick(Sender: TObject);
begin
close;
end;

end.

hasil nya seperti berikut

Kamis, 13 Oktober 2011

perhitungan hambatan total

 ini perhitungannya, saya ga tau euy cara ngapture gambarnya pake apa ?? :D :D
MySpace

MySpace
unit Unit1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TForm1 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Label4: TLabel;
    ER1: TEdit;
    ER2: TEdit;
    ER3: TEdit;
    Ehasil: TEdit;
    Button1: TButton;
    Button2: TButton;
    exit: TButton;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure exitClick(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
  R1,R2,R3,RS,RP:real;
begin
  R1:=strtofloat(ER1.text) ;
  R2:=strtofloat(ER2.Text) ;
  R3:=strtofloat(ER3.Text) ;
  RS:=R1+R2+R3 ;
  Ehasil.Text:=floattostr(RS)
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
var
  R1,R2,R3,RS,RP:real;
begin
R1:=strtofloat(ER1.text) ;
  R2:=strtofloat(ER2.Text) ;
  R3:=strtofloat(ER3.Text) ;
  RS:=R1*R2*R3/R1*R2+R1*R3+R2*R3 ;
  Ehasil.text:=floattostr(RP) ;
end;

procedure TForm1.exitClick(Sender: TObject);
begin
close;
end;

end.

Jumat, 30 September 2011

si sakit

alhamdulillah, setelah sekian lama ga bertemu sama dia. akhirnya sekarang saya bisa bertemu lagi dengan sesuatu itu.. mungkin ini saat yang tepat buat saya bisa bertemu kembali dengan sesuatu itu... sekarang saya bisa merasakan sakit lagi setelah sekian lama saya tidak merasakan yang namanya sakit, mungkin ini waktu yang tepat buat saya karena saya juga merasakan bahwa sudah saatnya saya harus bertemu lagi dengan si "sakit".. alhamdulillah ya allah, engkau telah memberikan saya tubuh yang bisa mengerti keadaan saya .. :)

curhatan seputar kampus

dalam hidup kita pasti akan merasakan masalah dan bagaimana untuk menyelesaikannya.. disinilah di dunia kampus, kita bisa belajar untuk mencoba menyelesaikan suatu permasalahan.. contohnya dalam sebuah forum terbuka, kita bisa mengutarakan pendapat kita untuk suatu persoalan yang sedang ditampilkan, dan disinilah simulasi untuk kita untuk menghadapi kehidupan setelah kita keluar dari dunia perkuliahan,, memang masa kuliah itu adalah masa dimana kita harus berjuang dan belajar dalam segala hal, baik itu hal organisasi, politik, social control, soft skill, dll tapi rugi jika kita tidak bisa mendapatkan manfaat dari itu semua.. *ngaco ah sampe sekarang yang saya masih belum memahaminya adalah bisa mengatasi orang-orang yang berpendapat ga mau ngalah dan ga bisa menganalisa suatu pendapat yang dilontarkan orang lain dan tidak bisa menganalisa suatu permasalahan yang sedang disajikan.. saya masih akan terus belajar..

Senin, 01 Agustus 2011

Detik-detik pengambilan FRS SP

  

Kondisi yang sangat memiriskan, disaat beberapa waktu yang lalu sebagian besar mahasiswa sebuah universitas negeri di bandung ingin mengambil FRS semester padat. kondisinya sangat dan jauh dari kesan kondusif dan nyaman..
sungguh memiriskan sumpah…

Senin, 20 Juni 2011

tips aman berulang tahun

bagi temen-temen yang sedang berulang tahun ini ada beberapa tips dari saya :

  1. janganlah percaya sama orang-orang yang berada disekeliling kita (sahabat, temen, tetangga kostan, dan siapapun yang deket n kenal sama kita)
  2. kurunglah diri sendiri di dalam kamar.
  3. bila kamu terlanjur dikerjain temen-temen kamu, siapin juga senjata buat ngerjain mereka. (misalnya telur busuk, racikan maut, dll) biar kalian sama-sama terjaili.
  4. usahakan ngehindar dari temen-temen yang sikapnya mendadak berubah pada kita. 
 itu beberapa tips dari saya..
selamat ulang tahun bagi yang merayakannya ..

hahahahaha

Jumat, 10 Juni 2011

kisah dibalik kehidupan


kehidupan adalah suatu kata yang sangat unik.
berbagai kisah telah diukir atau ditorehkan olehnya
semua yang kita alami adalah suatu hal yang eksklusif bagi kita dan ga mungkin dialami oleh orang-orang disekitar kita.
sampai kisah yang paling haru adalah saat kita sudah meninggalkan kehidupan kita dan orang-orang disekitar kita merasa sangat kehilangan kita.


semoga kita semua diberikan kehidupan yang slalu bermanfaat dan berkesan bagi orang-orang disekitar kita, bagi bumi kita, dan bagi semua ciptaannya “allah SWT”. amin
“fajar”

IBU


ibu adalah orang yang sangat berjasa dalam sejarah kehidupan kita
ibu berjuang membesarkan kita
ibu tanpa lelah menyayangi kita
ibu selalu meluangkan waktunya untuk menasehati kita
ibu adalah sosok yang sangat luar biasa buat kita semua..

“fajar”

KEGIGIHAN SEORANG BAPAK PENYANDANG CACAT


dalam perjalanan saya beberapa jam lalu di sebuah tempat keramaian yang penuh dengan lalu lalang mahasiswa dan mahasiswi UPI, serta masyarakat sekitar. Saya tersentak setelah melihat sesosok bapak-bapak yang hanya mampu bergerak menggunakan kedua tanggannya entah dikarenakan kakinya yang ga berfungsi dengan baik (sakit).

bapak itu dengan gigih berjuang untuk bisa berjalan dan berpindah ketempat yang ingin beliau tuju. dan pada akhirnya beliau sampai ke tempat yang beliau tuju.

“dalam kehidupan, kita harus gigih untuk mencapai apa yang ingin kita tuju. janganlah putus asa, jangan menyerah, dan janganlah mengeluh”
itulah makna yang dapat saya ambil

“fajar”

Ulah si "CINTA"

sebelumnya saya jelasin, ini hanya pendapat saya, ga ada  niat buat menghina seseorang ataupun kelompok. hahaha


kalo denger kata ini ga pernah ada abisnya, berbagai kisah telah ditorehkan oleh pelaku yang bernama CINTA. dari mulai kisah bahagia sampai kisah tragis dan hina…
Saya mendapatkan kisah yang haru akibat ulah orang itu (si CINTA), sampai saya dibuat sakit akibat kisah haru tersebut„
dulu saya tidak percaya diri dengan keadaan saya yang serba kekurangan dan serba pas pasan.
tapi sekarang saya paham, cinta tidak hanya melihat dari segi luar, melainkan dari dalam juga penting. hahahahahahha

antara goblog dan ngeblog ??


yah sekarang banyak banget orang-orang yang menggoblog. seperti pekerjaan, banyak diantara orang-orang tersebut mendapatkan uang karena GOBLOG.
dan sekarang juga saya ketularan untuk GOBLOG  dan ingin meningkatkan diri menjadi BLOGGER yang pro. hahaha

keistimewaan huruf "O" dan angka nol "0"

mungkin kita tak menyadari bahwa angka 0 dan huruf O itu begitu istimewa.. dari sekian banyak huruf yang ada, huruf O adalah huruf yang bisa menggambarkan kehidupan kita, karena huruf O tidak mempunyai titik perpotongan melainkan saling terhubung. dan menggambarkan bahwa kehidupan kita itu kadang berada di atas dan kadang berada di bawah.. begitu juga dengan angka 0 melalui angka ini, kita bisa menjadi hebat dan terpuruk, sedih dan senang.. kita senang mendapatkan nilai 0 yang didepannya diletakkan angka lainnya dan “10,20,30, ….. , 100” misalnya, dan kita bersedih karena angka 0 itu ga ada temennya.. itu lah pendapat saya mengenai huruf “O” dan angka “0”… semoga bermanfaat “fajar”

Senin, 09 Mei 2011

fajar sidiq

Assalamualaikum Wr. Wb
Temen-temen, inilah setitik cerita pengalaman saya.. semoga bisa menjadi inspirasi :: J J
Tampang bukan menjadi suatu alasan untuk kita untuk mendapatkan banyak teman, bisa kita memiliki tampang yang keren, ganteng, serta memiliki kekayaan yang wah tapi banyak orang yang tidak menyukai gaya dan sikap kita. Tapi seorang yang biasa saya dan bahkan bisa dibilang mempunyai tampang yang pas pasan dan tidak mempunyai kekayaan tapi dengan kepiawaiannya dalam bersosialisasi dan menghidupkan suasana serta mempunyai kepribadian yang baik justru mudah untuk mendapatkan teman.

Nama saya Fajar Sidiq, saya dilahirkan oleh kedua orang yang sangat super pada pagi hari tanggal 4 Januari 1992 di kabupaten Cirebon dengan kehidupan yang sederhana. Sewaktu saya kecil saya dibilang seorang anak yang lucu oleh orang-orang yang berada disekeliling saya, seiring berjalannya waktu saya tumbuh menjadi anak yang bisa dibilang lincah karena setiap hari bersama teman-teman saya sering berpetualang ke sawah ataupun yang lainnya. semenjak itu saya menjadi seorang yang mempunyai kulit yang aga gelap atau bisa dibilang ga putih seperti teman-teman saya yang lain.
Saya merasa tidak mempunyai rasa percaya diri pada saat keadaan fisik saya yang seperti itu, saya sempat dilecehkan dan diremehkan oleh orang-orang yang jahil karena mereka menganggap saya tidak bisa apa-apa dan orang yang dekil dan item.
Tapi seiring berjalannya waktu saya telah mendapatkan orang-orang yang  meu menerima saya apa adanya dan mau menerima saya menjadi seorang teman bahkan sahabat. Dibawah ini adalah orang orang yang terbaik yang pernah saya kenal semenjak SD sampai SMP.
1.       M. Assofa >> temen sd saya yang selengean tapi mempunyai hati yang baik.
2.       Azhar Shodiq >> temen smp saya yang pertama kali mengenalkan saya pada dunia internet.
3.       Denny Yachobi >> orang yang rame dan kocak.
4.       Fajri Insani >> dia merupakan murid ibu saya sewaktu SD
5.       Dwi Wulandari >> saya mengenal dia sewaktu saya mengikuti sebuah bimbingan belajar khusus bahasa inggris, dan sekarang kita berdua kuliah di universitas yang sama.
6.       Dini Silvia >> seorang cewe yang jutek tapi baik hati.
 
Setelah saya memasuki dunia SMA, saya banyak bertemu dengan orang-orang yang unik dan mempunyai rasa kekompakan yang tinggi yang tergabung pada suatu nama “WINAST”. Orang-orang yang didalamnya antara lain .
1.       Ahmad Hidayat >> master of IT yang dimiliki kelas WINAST
2.       Aji Adhi Wekasan >> dia merupakan anak pindahan dari sekolah lain, tapi dialah sumber masalah (keramaian) dan sumber kekocakan di kelas kita.
3.       Akhmad Khoerudin >> seorang yang mempunyai banyak skill.
4.       Denni  Nurhadi >> biasa kita panggil si cabul.
5.       Dodi Supriadi >> orang yang pinter ngegambar dan merupakan orang kocak kedua di kelas kita.
6.       Faisal Reza >> dialah orang yang memasok site” tertentu pada kita semua.
7.       M. abdul adzim >> ustad pada kelompok kita.
8.       M. Saeful >> biasa kita panggil bos buah.
9.       Vivi M >> seorang cewe yang manis yang pernah saya sukai. Hahaha
10.   Teti >> sebenernya dia adalah temen smp saya, tapi ya saya tulis disini aja deh.
 
Kita semua tergabung dalam suatu kelompok yang bernama “WINAST FORCE”, yang merupakan sumber kekacauan (keramaian) dikelas dan merupakan orang-orang yang solid dan kompak sampai sekarang.



Jumat, 29 April 2011

BERHARMONI ALAM DI PUNCAK CIREMAI

saya bersyukur kepada allah karena bisa memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa memasak di puncak gunung, karena saya yakin tidak semua orang bisa melakukan hal yang sama dengan saya dan tidak semua orang itu bisa mendaki gunung. hahahaha 

berharmoni alam di puncak gunung dengan menu cornet mie bihun dan kacang kalengan.
selama memasak saya disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indahnya yang dilimpahkan allah kepada kita semua. salah satu impian saya untuk bisa memasak dan makan dipuncak ciremai yang merupakan puncak tertinggi di jawa barat bisa terwujud. 

alhamdulillaahhh ..... :) :) :)

LASKAR PANTHERA



Memasuki dunia perkuliahan, saya berencana masuk ke dalam suatu organisasi pecinta alam tingkat universitas yang ada di UPI. Namun semenjak saya tahu di jurusan saya yaitu jurusan pendidikan FISIKA UPI ada sebuah wadah bagi warganya yang senang berpetualang, saya pun tertarik dan ikut mendaftar pada sebuah organisasi tingkat jurusan yang bernama KHAUF (KOMUNITAS HIJAU FISIKA) dan disinilah awal dari segala impian saya untuk berpetualang. Bersama ke 20 temen saya yang lain, saya mendaftar dan mengikuti tahap demi tahapan dalam acara pendidikan KHAUF. Tahap pematerian kami jalani dengan anggota lengkap berjumlah 21 orang dan seiring berjalannya waktu satu persatu orang yang awalnya berjumlah 21 orang kini semakin  berkurang dan akhirnya genap menjadi 10 orang yang mengikuti PRADIKSAR kemudian kami tetap bersepuluh juga berhasil mengikuti DIKSAR dan memiliki nama angkatan yang bernama “LASKAR PANTHERA”.


LASKAR diambil dari film laskar pelangi yang berarti 10 orang. Kemudian PANTHERA adalah hewan yang tangguh di segala medan dan cuaca. Baik itu di atas (dipohon), di tanah, dan di air serta hewan ini adalah hewan yang lincah dan tak kenal menyerah dalam mewujudkan tujuannya. Dan akhirnya “LASKAR PANTHERA” berarti bahwa sepuluh orang yang tak akan pernah menyerah dalam menwujudkan cita-cita yang dalam hal ini menjadi anggota biasa KHAUF serta 10 orang yang tangguh dalam segala medan dan lincah dalam menapakkan jejaknya di bumi ini. Kita juga tak lupa diberikan nama alam atau nama rimba yang mencirikan identitas kita selama perjalanan dari awal sampai akhir.

“dengdek” itulah nama alam saya yang diberikan oleh para instruktur yang selama perjalanan memperhatikan tingkah laku kita semua. “Dengdek” berarti miring, karena kata salah seorang instruktur saya yang memberikan nama ini sewaktu diperjalanan saya berjalan selalu miring kanan dan miring kiri.

PUNCAK TERTINGGI di jawa barat

Tak terasa kalo saya berada di puncak tertinggi di jawa barat ini, semenjak dulu ini adalah impian saya yang saya pikir tak akan terwujud Karena larangan orang tua yang begitu sayangnya dan khawatirnya terhadap saya salah seorang anak yang disayangi mereka. Cita-cita saya dulu semenjak masuk ke dalam organisasi pecinta alam di tingkat SMA yaitu bisa mendaki gunung tertinggi ini, namun apa boleh buat karena larangan orang tua itu hanyalah sebatas mimpi dan tak akan pernah terwujud. Tapi semenjak saya masuk ke dalam sebuah organisasi pecinta alam tingkat jurusan di UPI ini yang bernama “KHAUF” (Komunitas Hijau Fisika), saya bisa mewujudkan satu persatu impian saya yang hampir tidak akan terwujud yakni mendaki gunung tertinggi. Diawali dengan mendaki gunung “GEDE dan PANGRANGO” pada pertengahan tahun 2010 yang lalu. Dan beberapa hari yang lalu akhirnya saya bisa mencapai impian saya untuk berdiri di puncak tertinggi di jawa barat “Gunung Ciremai”.  

          Memang saat perjalanan saya mengalami banyak halangan karena pada saat start awal alergi gatal” saya kambuh entah karena ulat ataupun faktor lain, kemudian berjalan pada malam hari yang menyebabkan batasan penglihatan mata kita, selanjutnya banyak rintangan yang mengiringi langkah saya pada saat pendakian, dan hujan deras pada saat perjalanan sebentar lagi mencapai pos terakhir sebelum puncak. Tapi disamping banyaknya rintangan dan halangan dalam perjalanan ini, saya juga telah berjumpa dengan berbagai orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Saya bertemu dengan salah satu “SISPALA” yang berasal dari Tasik sewaktu di pos kedua jalur pendakian tersebut, kemudian saya juga bertemu dengan 2 orang yang baik hati yang berasal dari Jakarta dan kami terus berjalan bersama sampai puncak kemudian terus berlanjut sampai perjalanan pulang yang akhirnya kita semua berpisah di terminal Cirebon untuk kembali ke daerah masing-masing.
Selanjutnya saya juga bertemu dengan salah satu MAPALA dari "PRESIDENT UNIVERSITY" yang bernama "DIVER VENTURE" dan berfoto bersama di puncak tertinggi jawa barat itu. 

Sabtu, 02 April 2011

Kenanganku











Malam . .
Sunyi dan sepi . . ,
Setia menemaniku malam ini
Saat ku tatap bintang yang terang . . ,
Mengapa ?
mengapa hanya engkau
Yang slalu hadir dalam bayangku
Kau yang ku cinta dan kupuja
Kau yang aku sayang
Kau juga segalanya untuk ku
Tapi . . . !
Itu semua tlah menjadi kenangan . . .
Kenangan indahku yang dulu
Dan kini . . ,
Ku tlah menguburnya
Dalam lubuk terdalam hatiku
Karena ku sadar
Engkau tak lagi sendiri

odiq kecil



Mungkin, banyak diantara kita menganggap hidup itu membosankan, banyak masalah karena berbagai alas an yang mendasarinya seperti kaga punya uang, tampang ga keren atau bukan orang tajir yang di incer banyak cewe-cewe cantik n ++. Sampai saya pun mengalaminya sendiri .
Tapi seiring berjalannya waktu, semua itu ternyata ga ada apa-apanya loh. Saya jadi menganggap hidup itu penuh warna dan penuh teka-teki . contohnya :: kita ga punya uang, bukan berarti kalo ga punya uang itu kita akan mati kelaperan kan. Makanya sob, kita sebagai manusia harus bisa bergaul dan terbuka apa adanya kepada orang-orang disekitar kita. Jangan sok keren lah, sok kaya lah, dan sok-sok yang lain. Padahal keren ga menjamin orang itu baik, kaya ?? kan kita belum bekerja dan paling-paling punya orang tuanya. Emang bangga make barang-barang bagus dan mewah tapi bukan hasil keringat kita sendiri ???? ogah dehh . . . .
Sabagai seorang perantau yang hidup di kota besar, saya berusaha mendapatkan keluarga kecil untuk hanya sekedar ngumpul-ngumpul, ngobrol , bisa sharing tentang pengalaman hidup, bisa membantu jikalau kita sedang kesulitan, dan masih banyak lagi deh. Hehe (panjang kalo di tulis semua) biar kalian aja ya yang mengalaminya sendiri, kalo dari cerita doang kan ga asyik gan !!
Nah . . . , 
sekarang saya akan sedikit menceritakan kisah hidup seorang  anak yang bernama odiq dari jaman dia masih beberapa centi sampe menjadi ratusan centi. (hehehehe).




Jumat, 25 Maret 2011

TIPS MENJADI PESERTA SEMINAR ala fajar


Terkadang saat kita mengikuti acara-acara tertentu yang mengadakan sesion tanya jawab seperti seminar, presentasi, dan kawan-kawannya. 

Nih saya punya beberapa tips buat temen-temen semua. tapi ini mah sekedar tips dari orang awam seperti saya yang dibuat buat seru-seruan dan yang pernah saya alami.
  1. Datanglah tepat waktu supaya kita dapet manfaatnya lebih banyak daripada yang dateng telat.
  2. Pastikan kamu-kamu semua bawa obat anti ngantuk, karena biasanya peserta seminar ada yang suka ngantuk jika pematerinya monoton.
  3. Catat setiap kata-kata penting yang keluar dari pemateri (karena biasanya dijadiin pertanyaan bonus yang ada hadiahnya). hehehehe  :) :) :)
  4. Jangan mengobrol kalau materi sedang ayik-asyiknya.
  5. Berlomba-lombalah maju kedepan jika ada tawaran untuk maju.

Itulah beberapa tips menjadi peserta seminar ala saya, kalo yang lain mah saya ga tau tipsnya apaan.. hahaha selamat mencoba.